Rabu, 16 Mei 2018

Cara Kerja Firewall


Cara kerja firewall

Ketika ada paket data yang masuk ke jaringan atau computer maka firewall akan mengecek header dari paket data dari paket data tersebut. Kemudian menggunakan aturan jaringan maka firewall bisa menentukan apakah data paket ini bisa diterusakan atau tidak. Jika tidak akan ada pemblokiran, jika di ijinkan paket data ini akan diteruskan sesuai mekanisme jaringan tersebut sehingga sampai ke computer yang di maksud.
Dan sebaliknya ketika ada paket data keluar maka firewall pun bisa mengecek berdasarkan IP dan content. Disini biasanya jaringan bisa memblok akses sebuah divisi ke sebuah sumber daya jaringan. Atau mungkin pemblokiran content yang mengandung pornografi.disini firewall memiliki aturan untuk memfilter permintaan seperti ini.
1.      Firewall harus lebih kuat dan kebal terhadap serangan luar. Hal ini berarti bahwa system dan penggunaan sistem oprasi akan relative lebih aman dan penggunaan sistemnya dapat di percaya .
2.      Hanya aktivitas atau kegiatan yang di kenal / terdaftar saja yang dapat melewati atau melakukan hubungan. Hal ini di lakukan dengan menyetting policy pada konfigurasi keamanan lokal.
3.      Semua aktivitas atau kegiatan dari dalam keluar harus melewati firewall. Hal ini di akukan dengan membatasi atau memblok semua akses terhadap jaringan lokal, kecuali jika melewati firewall terlebih dahulu.
Firewall ini berjalan pada satu host atau lebih, dan firewall ini terdiri dari beberapa komponen software. Firewall sendiri memiliki empat tipe, yaitu:
1.      Screened subned firewall ini menyediakan keamanan yang sangat baik dan sangat tinggi daripada tipe firewall lainnya, karena membuat demilitarized zone (DMZ) di antara jaringan internal dan jaringan external.
2.      Screened host firewall ini terdiri dari sebuah bastion host (host yang berupa application level gateway) dan dua router packet filtering.
3.      Dual-homed gateway firewall ini sedikitnya memiliki dua IP address dan dua interface  jaringan dan apabila ada serangan dari luar dan tidak dikanal maka akan di blok.
4.      Packet-filtering firewall ini terdiri dari router di antara jaringan internal dan external yang aman. Tipe ini utuk menolak dan mengijinkan trafik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar